5 Aplikasi di Smartphone yang Akan Memudahkan Kamu Menulis

Menulis merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Bahkan akhir-akhir ini sedang trend beberapa pekerjaan yang mengharuskan kemampuan menulis. Contoh pekerjaan tersebut antara lain: penulis fiksi, copywriter, content writer, hingga screen writer seperti halnya pada situs online Teknolagi. Untuk menulis, biasanya orang-orang membutuhkan laptop sebagai medianya.

Tetapi sekarang dengan kecanggihan smartphone, menulis dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Biasanya kemunculan ide dapat terjadi di waktu yang tak terduga sehingga membutuhkan media yang dapat menampung ide yang lebih fleksibel. Smartphone termasuk benda yang fleksibel sehingga seorang penulis wajib memilikinya.

Untuk memudahkan penulis menulis atau sekadar menyalurkan idenya, ada beberapa aplikasi di smartphone yang dapat membantu. Berikut ini contohnya.

  1. Writer

Aplikasi pertama yang memudahkan seorang penulis adalah writer. Di dalam aplikasi ini kamu dapat menulis layaknya menulis di Microsoft word. Kelebihannya, aplikasi ini memiliki tampilan yang simpel tapi banyak fiturnya yang bermanfaat. Fitur yang ada di aplikasi ini antara lain night mode, print, hingga backup. Dengan aplikasi ini, tulisanmu akan disimpan dalam bentuk PDF.

  1. Writer tools

Ingin bisa konsisten dalam menulis? Unduh aplikasi writer tools! Aplikasi ini membantumu produktif dalam menulis. Fitur yang ada di aplikasi ini salah satunya adalah writing progress. Melalui fitur ini kam dapat mengevaluasi hasil tulisanmu dan mengetahui statistik dari naskah yang ditulis. Ada juga fitur timer yang berguna untuk mengatur lamanya waktu menulis.

  1. Writer plus

Aplikasi yang memudahkan penulis selanjutnya adalah writer plus. Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup simpel. Selain simpel, aplikasi ini juga menyediakan fitur folder dimana kamu dapat menyimpan hasil tulisan, catatan, hingga daftar kegiatan yang akan dilakukan. Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini mendukung penggunaan keyboard Bluetooth.

  1. Pure writer

Salah satu keunggulan aplikasi pure writer adalah fitur auto save yang sangat membantu penulis dalam menjalankan pekerjaannya. Selain itu, ada pula fitur auto backup yang memungkinkan dokumenmu tersimpan aman. Tools dalam aplikasi ini juga tergolong lengkap. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang berprofesi sebagai penulis artikel.

  1. Novelist

Aplikasi yang satu ini diperuntukan bagi seorang penulis novel, sesuai dengan nama aplikasinya. Dalam aplikasi ini kamu dapat menyusun plot hingga outline novelmu. Agar novelmu cepat selesai, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengatur deadline waktu pengerjaan novel. Fitur menarik lainnya adalah penggunaan template untuk buku dan mode tampilan novel yang lebih praktis.

Aplikasi di atas hanya sebatas rekomendasi. Bukalah play store untuk menemukan banyak pilihan aplikasi lainnya. Sekarang kamu tak perlu kebingungan menulis atau mencatat ide karena ada banyak aplikasi yang dapat membantu pekerjaanmu.

Jenis-jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Saat diet, kamu harus sangat berhati-hati terhadap makanan yang akan dikonsumsi. Makanan dengan kandungan kalori dan gula yang rendah lebih aman dikonsumsi. Tetapi sekarang banyak makanan dan camilan yang kandungan gulanya tinggi sehingga orang yang sedang diet harus cermat mencari kandungan gizi didalamnya.

Tak dapat dipungkiri makanan yang mengandung gula memang terasa lebih enak. Tetapi makanan jenis ini harus dihindari agar program diet berhasil. Selain makanan manis, berikut ini makanan-makanan yang harus dihindari ketika sedang diet.

  1. Olahan kentang goreng

Makanan pertama yang harus kamu hindari saat diet adalah kentang goreng dan keripik kentang. Tak dapat dipungkiri, olahan-olahan kentang yang digoreng memang lezat, tetapi olahan ini mengandung minyak trans yang dapat menambah lemak. Belum lagi fakta bahwa kentang mengandung karbohidrat sehingga kalorinya tergolong tinggi.

Jika kamu tetap ingin mengonsumsi kentang, lebih baik ubah saja cara mengolahnya. Kamu bisa merebus atau mengukus kentang yang kamu konsumsi.

  1. Kue

Bahan pokok kue adalah tepung, gula, dan mentega. Campuran dari ketiga bahan ini menyebabkan kue memiliki kandungan kalori yang tinggi dan lemak jenuh. Di dalam kue juga tidak ditemukan adanya nutrisi yang baik untuk tubuh. Belum lagi mengonsumsi kue dapat membuatmu justru cepat lapar sehingga memicumu untuk makan lagi dan lagi.

  1. Es krim

Sama seperti makanan yang lain, es krim memang lezat, tetapi memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi. Karena kelezatannya, seseorang dapat dengan mudah menyantap es krim dalam jumlah yang banyak. Tetapi jika kamu tetap ingin makan es krim, kamu bisa membuat sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat.

  1. Roti putih

Banyak orang yang menjadikan roti putih dengan mentega sebagai menu sarapan karena dianggap lebih mudah dan praktis. Tetapi kalau kamu sedang diet, lebih disarankan untuk memilih oats sebagai menu sarapan. Pasalnya, roti putih berpotensi menambah  lemak, dan mentega juga mengandung lemak trans. Lebih baik konsumsi saja roti gandum utuh jika kamu ingin memakan roti.

  1. Makanan dengan gula tambahan

Biasanya produk makanan dalam kemasan mengandung gula. Sebelum mengonsumsi makanan, perhatikan label pada kemasan. Pastikan kandungan gula dalam makanan tersebut tidak berlebihan. Biasanya dalam produk makanan gula disebut dengan nama sukrosa, maltose, atau fruktosa. Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memicu obesitas dan penyakit jantung.

  1. Pizza

Makanan dari negeri Italia ini ternyata termasuk makanan yang harus dihindari ketika diet. Pasalnya, bahan-bahan untuk membuat makanan ini kalorinya tinggi. Belum lagi topping seperti sosis juga mengandung lemak. Tetapi jika kamu tetap ingin makan pizza, kamu bisa memilih opsi untuk membuat pizza sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

  1. Jus dan minuman kemasan

Jenis makanan terakhir yang harus dihindari ketika diet adalah jus dan minuman dalam kemasan. Pasalnya, jus dan minuman dalam kemasan biasanya kandungan gulanya tinggi. Sedangkan, untuk kamu yang sedang berdiet sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi.

Jika kamu ingin program dietmu berhasil, hindarilah mengonsumsi makanan-makanan di atas. Banyak makanan yang tinggi kalori dan gula yang memiliki cita rasa enak, tetapi kamu harus menghindarinya. Atau cobalah cari alternatif bahan makanan sehat untuk membuat jenis-jenis makanan di atas.

6 Rekomendasi Makanan Pendamping Saat Diet yang Tepat

Banyak orang yang mengira ketika diet tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan apapun. Padahal anggapan seperti itu tidaklah benar. Tubuh tetap memerlukan nutrisi-nutrisi agar fungsi organ-organ dalam tubuh dapat tetap dijalankan. Diet lebih merujuk kepada usaha menyeimbangkan kalori yang dibutuhkan tubuh dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Kelebihan kalori dapat menyebabkan badan menjadi gemuk, begitu pun dengan kekurangan kalori yang dapat menjadi penyebab seseorang berbadan kurus. Untuk menyeimbangkan kalori, orang berbadan gemuk dan kurus harus menjalani program diet. Dengan demikian, diet tidak hanya disarankan untuk orang gemuk saja.

Ketika diet, ada banyak sekali godaan makanan yang dapat melunturkan niat. Agar program diet berhasil, sebaiknya berhentilah menuruti hawa nafsu yang ingin mencicipi berbagai makanan. Agar tidak bingung, sebaiknya  pilih saja rekomendasi makanan di bawah ini sebagai makanan pendamping diet.

  1. Oatmeal

Oatmeal seringkali dijadikan sebagai menu sarapan kandungan seratnya yang tinggi. Makanan yang berserat tinggi dapat membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Selain kandungan seratnya yang tinggi, oatmeal juga mengandung vitamin B1 yang berperan menghasilkan energi untuk tubuh karena energi diperlukan untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

  1. Apel

Buah ini termasuk buah favorit orang-orang yang sedang berdiet. Apel mengandung serat dan zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Apel juga mengandung kalori. Hanya saja, kalori pada apel diimbangi dengan fakta bahwa apel termasuk buah yang bebas lemak dan kolesterol. Apel juga memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu sebesar 86 persen.

  1. Putih telur

Putih telur termasuk makanan yang wajib dikonsumsi orang-orang yang sedang berdiet. Putih telur mengandung protein kompleks yang dapat memenuhi kebutuhan akan asam amino esensial dalam tubuh. Selain memiliki protein yang berkualitas, putih telur juga tidak memiliki kandungan karbohidrat. Kombinasikan putih telur dengan makanan diet yang lain untuk mendapat hasil terbaik.

  1. Brokoli

Sayur yang satu ini disarankan untuk orang-orang yang sedang diet. Selain karena kandungan vitaminnya, brokoli juga diketahui memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga aman dikonsumsi orang-orang yang sedang berdiet. Brokoli juga berperan dalam mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga kamu bisa terbebas dari ancaman penyakit berbahaya.

  1. Ikan

Ikan mengandung lemak baik omega-3 yang berperan dalam menurunkan berat badan sehingga makanan ini cocok untuk kamu yang sedang berdiet. Kandungan ini terdapat pada ikan seperti salmon, tuna, hingga san makarel. Jangan konsumsi makanan dengan cara digoreng karena minyak goreng dapat menambah lemak pada ikannya.

  1. Camilan berkalori rendah

Bagi kamu yang suka ngemil, kamu tetap diperbolehkan untuk ngemil selama berdiet. Hanya saja, perhatikan kandungan camilan yang kamu makan. Pilihlah camilan yang rendah gula dan kalori. Apalagi saat ini banyak camilan sehat yang beredar di pasaran sehingga kamu tak perlu khawatir tak bisa ngemil selama berdiet.

Saat sedang diet, bukannya kamu tidak boleh makan, tetapi kamu harus memperhatikan kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dapat dikatakan asupan makanan yang sehat merupakan salah satu kunci keberhasilan program diet yang sedang kamu jalankan. Jangan lupa perhatikan aspek-aspek lain yang menunjang keberhasilan diet.