6 Rekomendasi Makanan Pendamping Saat Diet yang Tepat

Banyak orang yang mengira ketika diet tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan apapun. Padahal anggapan seperti itu tidaklah benar. Tubuh tetap memerlukan nutrisi-nutrisi agar fungsi organ-organ dalam tubuh dapat tetap dijalankan. Diet lebih merujuk kepada usaha menyeimbangkan kalori yang dibutuhkan tubuh dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Kelebihan kalori dapat menyebabkan badan menjadi gemuk, begitu pun dengan kekurangan kalori yang dapat menjadi penyebab seseorang berbadan kurus. Untuk menyeimbangkan kalori, orang berbadan gemuk dan kurus harus menjalani program diet. Dengan demikian, diet tidak hanya disarankan untuk orang gemuk saja.

Ketika diet, ada banyak sekali godaan makanan yang dapat melunturkan niat. Agar program diet berhasil, sebaiknya berhentilah menuruti hawa nafsu yang ingin mencicipi berbagai makanan. Agar tidak bingung, sebaiknya  pilih saja rekomendasi makanan di bawah ini sebagai makanan pendamping diet.

  1. Oatmeal

Oatmeal seringkali dijadikan sebagai menu sarapan kandungan seratnya yang tinggi. Makanan yang berserat tinggi dapat membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Selain kandungan seratnya yang tinggi, oatmeal juga mengandung vitamin B1 yang berperan menghasilkan energi untuk tubuh karena energi diperlukan untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

  1. Apel

Buah ini termasuk buah favorit orang-orang yang sedang berdiet. Apel mengandung serat dan zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Apel juga mengandung kalori. Hanya saja, kalori pada apel diimbangi dengan fakta bahwa apel termasuk buah yang bebas lemak dan kolesterol. Apel juga memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu sebesar 86 persen.

  1. Putih telur

Putih telur termasuk makanan yang wajib dikonsumsi orang-orang yang sedang berdiet. Putih telur mengandung protein kompleks yang dapat memenuhi kebutuhan akan asam amino esensial dalam tubuh. Selain memiliki protein yang berkualitas, putih telur juga tidak memiliki kandungan karbohidrat. Kombinasikan putih telur dengan makanan diet yang lain untuk mendapat hasil terbaik.

  1. Brokoli

Sayur yang satu ini disarankan untuk orang-orang yang sedang diet. Selain karena kandungan vitaminnya, brokoli juga diketahui memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga aman dikonsumsi orang-orang yang sedang berdiet. Brokoli juga berperan dalam mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga kamu bisa terbebas dari ancaman penyakit berbahaya.

  1. Ikan

Ikan mengandung lemak baik omega-3 yang berperan dalam menurunkan berat badan sehingga makanan ini cocok untuk kamu yang sedang berdiet. Kandungan ini terdapat pada ikan seperti salmon, tuna, hingga san makarel. Jangan konsumsi makanan dengan cara digoreng karena minyak goreng dapat menambah lemak pada ikannya.

  1. Camilan berkalori rendah

Bagi kamu yang suka ngemil, kamu tetap diperbolehkan untuk ngemil selama berdiet. Hanya saja, perhatikan kandungan camilan yang kamu makan. Pilihlah camilan yang rendah gula dan kalori. Apalagi saat ini banyak camilan sehat yang beredar di pasaran sehingga kamu tak perlu khawatir tak bisa ngemil selama berdiet.

Saat sedang diet, bukannya kamu tidak boleh makan, tetapi kamu harus memperhatikan kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dapat dikatakan asupan makanan yang sehat merupakan salah satu kunci keberhasilan program diet yang sedang kamu jalankan. Jangan lupa perhatikan aspek-aspek lain yang menunjang keberhasilan diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *