Pola Makanan Diet yang Tidak Membahayakan Kesehatan

Diet merupakan istilah yang digunakan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Padahal istilah demikian mempunyai makna lebih yakni mengatur pola makan seimbang. Dalam artian kadar gizi yang di konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tujuan diet bervariasi,  nah salah satunya yakni menurunkan berat badan. Sah-sah saja bila Anda ingin mengikuti program ini. Tapi ketahuilah beberapa makanan diet yang sesuai dan tidak membahayakan tubuh,  contohnya di bawah ini:

  1. Putih telur

Putih telur merupakan bahan makanan yang baik untuk menjaga kondisi tubuh. Hal tersebut diperkuat dengan adanya kandungan protein kompleks yang terdapat di putih telur. Tak ayal para binaragawan sering mengonsumsinya untuk diet kesehatan. Sebetulnya kuning telur pun mengandung protein bedanya bagian putihnya mengandung lebih banyak protein kompleks. Tapi konsumsilah secukupnya,  jangan berlebih. Anda juga bisa menambahkan bahan sehat lagi agar lebih nikmat.

  1. Oatmeal

Oatmeal telah menjadi menu makanan diet favorit bagi kebanyakan orang. Selain rasanya yang enak dan mengenyangkan,  olahan ini memang dibuat khusus dengan kandungan serat kompleks di dalamnya. Mengonsumsi makanan dengan serat tinggi sangat baik untuk menjaga berat badan. Selain serat,  ada pula kandungan gizi lengkap lain seperti fosfor,  protein,  Vitamin B1,magnesium dan lain-lain yang bermanfaat menjaga energi tubuh. Jadi energi Anda akan tetap terjaga selama beraktivitas.

  1. Brokoli

Olahan sayuran memang sangat menyehatkan untuk di hidangkan. Salah satu jenis sayur yang Bagus untuk menu diet ialah brokoli. Brokoli banyak mengandung zat baik untuk mengatur berat badan seperti serat,  vitamin dan mineral. Anda dapat membuat jus berbahan dasar sayuran ini. Bila kurang suka,  dapat pula membuat olahan masakan berbahan sayuran segar tersebut. Jika memasaknya pastikan jangan terlalu banyak minyak agar tetap menyehatkan Anda.

Tiga makanan diet di atas hanyalah beberapa contoh makanan yang baik jika Anda ingin diet. Sah-sah saja bila Anda ingin menurunkan berat badan asal menu yang di pilih tepat. Jangan sampai menu diet malah justru menurunkan kesehatan tentu membahayakan. Sebuah program diet akan berjalan lancar jika didukung dengan olahraga rutin serta menjauhkan kebiasaan buruk yang bisa menghambat. Misalnya merokok,  begadang,  ataupun minum-minuman keras.

Makanan Diet untuk Mengatasi Masalah Obesitas di Usia Remaja

Pada usia remaja, berat badan adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri yang dimiliki. Beberapa remaja yang mengalami masalah obesitas pun terkadang sampai harus menemui tenaga medis untuk mendapatkan perlakuan lebih lanjut. Salah satu penyebab umum dari masalah obesitas adalah pola makan yang tidak teratur serta gaya hidup yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa solusi makanan diet untuk mengatasi obesitas di usia remaja.

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah-buahan adalah nutrien yang sangat bagus untuk tubuh. Manfaat yang didapatkan ketika memperbanyak konsumsi sayur dan buah adalah terjadinya penurunan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, karena kaya akan serat yang terkandung di dalamnya, beberapa sayur dan buah dapat memberikan penurunan berat badan. Kandungan glikemik yang rendah akan mencegah peningkatan gula darah yang membuat tubuh terus menerus merasa lapar. Tiga porsi buah dan lima porsi sayur adalah porsi harian yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah obesitas.

  • Konsumsi makanan rendah gula

Makanan yang mengandung gula menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan obesitas. Gula berlebih pada makanan yang dikonsumsi oleh tubuh akan diubah menjadi cadangan lemak dan menyebabkan peningkatan berat badan. Makanan yang mengandung banyak gula menyebabkan peningkatan pada resiko peradangan serta diabetes maupun obesitas. Konsumsi makanan diet yang rendah gula dapat membuat tubuh membakar kalori dengan baik dan juga meningkatkan resistansi insulin di dalam tubuh.

  • Rutin meminum air putih

Air putih adalah salah satu makanan diet karena dengan mengkonsuminya tubuh dapat meningkatkan kinerja otot dan juga memperlancar sistem pencernaan. Pembakaran kalori yang ada di dalam tubuh juga dipengaruhi oleh jumlah air yang dikonsumsi, khususnya pada masa tubuh beristirahat. Selain itu, meminum air sebelum makan juga dapat mengurangi nafsu makan yang berlebih dan dapat berakibat pada kenaikan berat badan tubuh. Para ahli menyarankan meminum air dengan jumlah 2 liter per hari sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Hadapi Mati Listrik Saat Banjir, Lakukan 4 Hal Ini!

Tak bisa dipungkiri jika salah satu alasan mengapa listrik dipadamkan saat banjir adalah untuk menghindari bahaya seperti korsleting atau hubungan pendek arus listrik. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan beberapa hal agar tetap beraktivitas meski listrik padam.

Berikut ini adalah 4 hal yang dapat Anda lakukan di rumah sebagai persiapan menghadapi mati listrik saat banjir melanda.

  1. Persiapkan Sumber Cahaya Pengganti

Lampu yang biasa digunakan sebagai sumber cahaya untuk penerangan sehari-hari tentunya menjadi tidak berfungsi saat mati listrik terjadi. Berikut adalah sumber pencahayaan pengganti yang bisa dimanfaatkan agar rumah Anda tetap terang hingga malam hari :

– Senter

– Lilin

– Lampu Minyak

– Lampu yang memiliki daya isi ulang

– Lampu Baterai

  1. Gunakan Daya Listrik Cadangan

Jika Anda tidak bisa menunda aktivitas Anda selama di rumah, maka sebaiknya Anda juga mempersiapkan daya listrik cadangan yang berperan sebagai pengganti sumber listrik saat lampu padam, meliputi :

– generator set atau genset adalah mesin pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar solar atau bensin.

– power bank merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengisi ulang daya atau baterai alat elektronik seperti ponsel atau laptop. Dalam keadaan darurat Anda juga bisa mengisinya di dalam mobil. Pastikan sebelum mati listrik diprediksi akan terjadi, Anda telah mengisi daya terlebih dahulu. (Cari Info di : https://www.abcpowergenset.com/harga-genset/ )

  1. Siapkan Uang Tunai

Meningkatnya jumlah kebutuhan saat mati lampu, tak menutup kemungkinan Anda akan mengeluarkan biaya untuk membeli beberapa kebutuhan mendadak. Ada baiknya Anda telah mempersiapkan uang tunai sebelum mesin ATM dimatikan karena pemadaman listrik.

  1. Siapkan Kebutuhan Makanan dan Minuman

Hal ini juga tak kalah penting saat banjir melanda. Apalagi makanan adalah sumber utama agar tetap bertahan hidup. Siapkan makanan instan atau makanan kaleng yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda sekeluarga selama beberapa hari.

Selain makanan, Anda juga perlu menyiapkan minuman berupa stok air mineral dan persediaan air lebih untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi, memasak, mencuci, dan lain lain.

Setelah membaca ulasan di atas, kini Anda sudah mengetahui apa saja yang perlu disiapkan ketika menghadapi mati listrik saat banjir. Tak perlu khawatir lagi, lakukan 5 hal tersebut agar kebutuhan Anda tetap terpenuhi meski listrik padam.

Bikin Diet makin Efektif, Ini Alasan Kenapa Harus Minum Teh Hijau

Siapa yang tak mengenal khasiat teh hijau. Sejak lama banyak orang yang percaya teh hijau adalah minuman yang menyehatkan. Sebenarnya hal tersebut tidak salah juga mengingat teh hijau  mengandung katekin yang berfungsi sebagai antioksidan alami.

Kandungan antioksidan inilah yang dapat  meningkatkan metabolisme tubuh dalam waktu singkat sehingga bisa membakar lemak lebih banyak. Selain itu teh hijau juga dikenal dapat mencegah penuaan dini karena dapat menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel kulit.

Berdasarkan data yang dilansir oleh medical news today, Orang yang rajin mengonsumsi 2-3 cangkir teh hijau panas setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan mereka. Namun, sayangnya hasil setiap orang akan berbeda tergantung dari metabolisme dan pola hidup mereka.

Sementara itu sebuah penelitian di prancis sendiri menunjukkan bahwa perempuan yang memiliki bobot berlebih lalu memutuskan untuk diet dan minum teh hijau 3 cangkir tiap harinya nyatanya lebih cepat turunnya dibanding yang tidak meminum teh hijau. Bahkan hasil penelitian mereka juga menunjukkan bahwa wanita yang rajin minum teh ukuran pinggangnya akan jauh lebih mengecil.

Bukan hanya itu saja, beberapa penelitian lainnya seperti yang ditulis dalam jurnal Effects of Catechin Enriched Green Tea on Body Composition dijelaskan bawah kandungan katekin pada teh hijau ternyata berpengaruh untuk menurunkan berat badan terutama pada bagian perut.

Seperti pepatah dua tiga pulau terlampaui, rajin minum teh hijau tidak hanya membuat anda semakin kurus tetapi juga bisa membantu menjaga penampilan anda. Masyarakat jepang sendiri percaya jika teh yang satu ini juga bisa berguna sebagai toner bagi kulit yang nantinya akan membantu menarik kotoran yang ada di wajah, mengecilkan pori dan tetap menutrisi kulitmu.

Dilansir dalam jurnal Jurnal of Investigative Dermatology, kandungan dalam teh hijau juga bisa membantu mengatasi jerawat karena senyawa yang ada didalamnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

Banyaknya penelitian yang dilakukan dan hasilnya mengarah ke penurunan berat badan ini bisa menjadi referensi bagi anda jika mulai kepikiran untuk melakukan diet dengan cara yang lebih efektif.

3 makanan penangkal virus dan cocok untuk berdiet

Salah satu zat yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh adalah protein.  Dalam tubuh protein memiliki banyak fungsi dan salah satunbya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Mengingat saat ini kita sedang berada dimasa sulit karena serangan virus korona, hadirnya protein tentu sangat penting.

Jika kita telaah lebih lanjut sebenarnya sejak kita masih sekolah sudah diajarkan mengenai protein baik yang hewani maupun nabati. Meski dikenal kandungan proteinnya lebih banyak di hewani, namun bukan berarti anda harus mengesampingkan protein nabati, karena selain bisa menjaga kesehatan anda juga bisa membantu dalam menjaga berat badan karena pasti rendah lemak.

Memilih makanan dengan kandungan protein nabati mungkin bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin sekaligus menjalani diet. Setidaknya ada beberapa makanan yang dapat kami sarankan untuk anda konsumsi.

1. Kentang

Mengandung protein nabati, alternatif karbo dan serat menjadikan kentang berada di nomer satu untuk anda konsumsi. Berdasarkan data, setidaknya dalam satu kentang ukuran sedang anda bisa memenuhi 16 serat harian yang dibutuhkan.

Keuntungan kentang bukan hanya sampai disana saja loh, selain soal kandungannya kentang juga termasuk bahan pangan yang mudah ditemukan di Indonesia dan dibandrol dengan harga murah. Nselain itu pengolahannya pun cukup mudah dan beragam.

  1. Buncis

Sayur yang biasa menjadi pendamping kentang dalam steak ini juga dikenal akan kandunganya.  Kalsium, zat besi dan banyak nutrisi lainnya di dalamnya. Banyaknya kandungan mineral dan anti oksidan didalamnya ini pun akhirnya membawa dampak positif karena bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Soal mengolahnya pun cukup mudah karena anda bisa mengukusnya dan menjadikannya campuran salad, memakannya mentah sebagai lalapan atau juga menumisnya menjadi semangkuk capcay.

  1. Alpukat

Buah yang satu ini memang dikenal akan kaya manfaat, hal ini terbukti dengan banyaknya olahan yang bisa dibuat dari buah ini. Bukan sekedar untuk makanan saja tetapi juga seringkali digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Setidaknya di dalam sebuah alpukat ada 20 jenis vitamin dan mineral. Alpukat juga dikenal memiliki kandungan lemak tak jenuh dan serat yang bisa memenuhi kebutuhan harian anda.

Mau diet ? ini alasan pentingnya menjaga asupan kalori

Ayo siapa nih yang suka lapar dan belum kenyang kalau nggak makan nasi tapi tetep pengen punya badan yang ideal.

susah ya kayaknya hehee…

akan kasih tahu kamu makanan pengganti nasi yang mengenyangkan tapi bisa jaga berat badan kamu tetap ideal.

bagi orang Indonesia Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat utama yang paling sering dikonsumsi tapi banyak dari kita yang belum sadar kalo ternyata mengkonsumsi nasi berlebihan justru nggak baik buat Kesehatan.

kalori yang terkandung dalam satu porsi nasi putih cukup besar, kalau sehari biasa makan nasi 3 kali dengan lauk pauk yang bermacam-macam, ditambah lagi ada snack time itu bisa membuat kalor yang masuk ke dalam tubuh jadi Berlebihan.

kalau jumlah kalor yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dari yang kamu keluarkan maka tubuh akan mengubahnya menjadi tumpukan lemak.

padahal banyak makanan alternatif selain nasi yang bisa mengenyangkan tapi jumlah kalorinya rendah misalnya gandum, beras merah, bunga kol, kentang dan quinoa.

Karena itulah sangat penting mengatur pola makan sehat setiap hari agar tubuh sehat dan berat badan bisa ideal.

pola makan yang sehat Itu harus memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein karbohidrat serat vitamin dan nutrisi lainnya tapi jumlah kalorinya juga nggak boleh berlebihan.

dan yang perlu kita ketahui jumlah kalori tidak ditentukan hanya dari ukuran porsi makanan saja, tapi juga dari jenis makanan yang dikonsumsi.

jadi kamu juga harus memperhatikan jenis makanan apa yang kamu konsumsi setiap harinya.

kalau di pagi hari yang terbiasa makan bubur ayam pakai sate usus atau nasi uduk pakai ayam goreng nah itu padahal kalorinya besar banget.

kamu bisa mulai mengganti menu sarapanmu dengan makanan atau minuman rendah kalori salah satunya adalah susu slim and fit.

selain kaya nutrisi jumlah kalori yang jelas terkontrol yaitu 200 kalori per sachet karena mengandung serat yang tinggi susu slim and fit bisa memberikan rasa kenyang.

Jadi gak perlu tambah makan roti atau nasi lagi ya.

Jenis diet makanan yang harus anda hindari, pahami resiko berbahayanya

Diet yang berbahaya salah satunya yang di kenal dengan sebutan diet lemon atau master clean.

ini dibagi menjadi tiga tahap, banyak digunakan bagi yang mau detoksifikasi ataupun menurunkan berat badan. jadi tahap pertama itu yang kita kenal dengan tahap hanya makan sayur dan jus buah selama tiga hari berturut-turut untuk mempersiapkan badan kita dalam menjalankan diet lemon.

berikutnya lalu tahap kedua dalam sehari anda hanya mengkonsumsi perasan lemon, perasaan sirup Maple.

otomatis akan membuat Anda akan lebih banyak ke belakang karena yang anda konsumsi tadi bersifat diuretic, jadi otomatis bawahnya pengen ke kamar mandi terus.

tahap ketiga merupakan tahap is out. Disini anda akan mengkombinasikan antara perasan lemon dan juga jumlah kalorinya berkisar 600 sampai 1200 kali untuk makanan yang boleh di konsumsi dan otomatis dari kalori ini sangat jauh dari kalori yang direkomendasikan oleh para dokter ahli.

jika anda terus melanjutkan diet ini yang anda akan alami yaitu pusing kelelahan dan juga dehidrasi.

malah menurut penelitian ilmiah kemudian ini tidak ada dasarnya dan tidak berguna untuk Kesehatan.

tubuh kita memang sudah dilengkapi dengan organ hati dan ginjal dan juga sistem imun ketiganya ini berperan dalam detoksifikasi tubuh kita

 

Diet dengan berpuasa ataupun diet rendah kalori

ini yang sering kita kenal dengan yang namanya Hollywood Diet ataupun virgin vegan diet.

berpuasa ataupun menahan nafsu makan itu memang sudah tradisi. Jika kita ingin menurunkan berat badan Anda mengkonsumsi makanan yang sangat rendah kalori maka otomatis tubuh akan menganggap itu sebagai reaksi lapar dan metabolisme tubuh juga akan menyesuaikan.

namun jika anda kembali makan dengan porsi yang seperti biasa maka metabolisme tubuh tidak bisa menyesuaikan diri lagi Anda harus makan dengan kalori yang lebih rendah dari sebelumnya.

 

Diet golongan darah

beberapa ahli juga berpendapat bahwa diet golongan darah ini tidak berpengaruh pada kesehatan dan juga pada penurunan berat badan.

terlebih lagi diet ini juga akan menyebabkan Anda kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh misalnya golongan darah O itu tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi susu dan juga biji-biji Zian.

padahal itu sangat baik untuk kesehatan tulang dan jantung.

Atur pola makan anda agar diet berhasil dengan cepat

Untuk makan siang, Yang biasa suka makan nasi putih lengkap dengan lauk pauk dengan porsi besar bisa diganti dengan beberapa alternatif lain yang jumlah kalorinya lebih kecil tapi tetap mengenyangkan.

kalau kamu terbiasa ngemil cookies slim and fit yang terbuat dari gandum Dunkin ini bisa dijadikan alternatif pengganti snack karena kaya akan serat dan jumlah kalorinya hanya 90 kalori per 3 keping.

malam harinya kamu bisa kembali mengganti menu makan malam kamu dengan susu slim n Fit.

jangan sampai sebelum tidur kita konsumsi makanan berat yang kalorinya tinggi.

untuk kalian yang ingin mulai menurunkan berat badan agar lebih ideal bisa dibuat jadwal makan yang teratur dan cobalah mengkonsumsi makanan dengan total 1000 sampai 1500 kalori per hari.

bagi waktu makan kamu secara teratur mulai dari pagi, siang dan malam.

misalnya pagi hari pukul 7 kamu bisa mengkonsumsi 200-300 kalori dengan minum susu dari sinensis berarti jumlah kalori di pagi hari terkontrol dengan pasti yaitu 200 kalori,

lalu saat jam makan siang pukul 12 atau 1 kamu bisa mengkonsumsi 300 sampai 600 kalori misalnya.

dengan menu makanan yang dicontohkan tadi pasta yang berbahan dasar gandum dimasak dengan dada ayam dan brokoli atau nasi goreng quinoa atau kamu juga bisa mencari referensi menu lain dan cek jumlah kalorinya terlebih dahulu.

dan waktu makan malam misalnya pukul enam atau tujuh konsumsi makanan dengan jumlah 200-300 kalori saja.

kamu bisa mengganti lagi menu makanan kamu dengan minum susu slim and fit karena jumlah kalori yang sudah jelas dan kapan waktu yang tepat untuk ngemil.

buat kalian yang suka ngemil yaitu Saat menunggu jam makan utama, misalnya 10.00 atau dua jam sebelum makan siang dan jam 4 sore ,Atau Dua jam sebelum makan malam.

tujuannya agar saat makan makanan utama porsinya tidak berlebihan tapi tetap dikontrol.

jumlah kalori cemilan nya misalnya Sudah 100 kalori per snack 3 keping cookies slim and fit pasti sudah cukup mengenyangkan untuk dikonsumsi.

tapi kalau kalian ingin menjaga tubuh jadi lebih sehat dan punya berat badan ideal Jangan tunggu sampai kegemukan atau bahkan sampai obesitas.

di Indonesia sendiri penderita obesitas semakin meningkat jumlahnya dari tahun 2013 sampai 2018 persentasenya naik dari 14,8% menjadi 21,8%.

memang nggak semua orang gemuk mengalami obesitas tapi banyak juga orang yang sebenarnya sudah mengalami obesitas malah nggak menyadari.

ancamannya contohnya bisa terpicu penyakit kronis seperti jantung dan stroke dan bisa masuk lubang san diego hill

Artinya kita semua nggak mau dong mengalami hal tersebut itu dia alternatif makanan pengganti nasi yang bisa dikonsumsi untuk menjaga berat badan kamu tetap ideal.

 

Update Model Baju Batik Anak Perempuan Terbaru

Belakangan ini batik menjadi fashion style yang  begitu digemari. Terkhusus bagi kaum hawa, banyak dari mereka tertarik memakai batik untuk acara-acara pernikahan teman atau sanak saudara mereka dan mereka memakai dengan nuansa yang sama sehingga terlihat serasi ketika mereka ambil gambar. Dengan dikombinasikan dengan kain-kain tertentu membuat tampak begitu anggun. Tidak cukup sampai di situ, bahkan mereka membuat khusus untuk anak-anaknya yang masih kecil. Sungguh dengan wajah mereka yang imut membuat mereka semakin keren. Meski batik sudah ada di zaman nenek moyang kita, tentu kita tidak usah khawatir kalau modelnya ketinggalan zaman. Bagaimana cara mendapatkan model baju batik anak perempuan terbaru?

  • Survei beberapa tempat

Jika Anda seorang yang perfeksionis dalam hal fashion, Anda bisa menggunakan metode ini dengan mensurvei beberapa toko. Setelah Anda mensurvei Anda akan mendapatkan ide mengenai model baju batik anak perempuan terbaru. Model baju batik anak perempuan lebih berkembang pesat dan lebih banyak modelnya. Hal ini menguntungkan Anda dengan memiliki banyak referensi. Anda juga bisa mengkombinasikan dengan model-model baju yang Anda temukan.

  • Referensi internet

Selain mensurvei di beberapa toko, ada alternatif yang lebih memudahkan Anda hanya dengan modal kuota Anda bisa browsing dengan sepuas hati Anda. Anda bisa melihat dari web terpercaya seperti Sevenkids atau melalui sosial media. Tentu akan lebih banyak di internet karena Anda tidak hanya melihat dari satu perancang. Anda bisa melihat karya-karya dari designer terkenal baik lokal maupun mancanegara. Tapi biasanya para designer terkenal merancang model pakaian bermotif seperti batik hanya dengan style yang simpel. Karena anggapan mereka baju bermotif itu sudah ramai, jadi biarlah model simpel dan terfokus pada motif saja. Tapi semua tergantung pada Anda karena selera setiap oang pasti berbeda.

Begitulah cara-cara Anda bisa tahu model baju batik anak perempuan terbaru, dengan memanfaatkan media yang ada. Dengan begitu banyak referensi membuat Anda memiliki banyak ide untuk memadu padankan kain yang ada.

Makanan Diet Ketat yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Berat tubuh yang ideal memang membuat tampilan fisik lebih menarik dipandang. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang melakukan diet yang ketat untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal. Saat melakukan diet yang ketat anda perlu memperhatikan jenis makanan diet ketat yang anda konsumsi.  Anda perlu memilah-milah mana makanan yang tidak boleh dan mana yang boleh dikonsumsi saat sedang menjalani diet ketat.

Saat sedang menjalani diet ketat, anda perlu mengurangi konsumsi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat. Memang sudah menjadi kebiasaan bagi orang Indonesia untuk memakan nasi putih. Namun, nasi putih merupakan makanan yang tinggi kandungan karbohidrat. Oleh karena itu, anda sebaiknya mengurangi konsumsi nasi putih saat sedang berdiet. Banyak pula orang yang beranggapan bahwa roti juga makanan yang lebih aman dikonsumsi saat diet ketimbang nasi putih. Anggapan tersebut sebenarnya salah. Roti memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi seperti nasi putih. Terdapat beberapa jenis makanan lain yang sebaiknya tidak anda konsumsi saat anda sedang melakukan diet ketat, seperti jus, yoghurt rasa, kue bar berenergi, pasta, keripik kentang, dan sereal. Jenis-jenis makanan tersebut walaupun terkesan sehat, ternyata mengandung kalori yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan tersebut saat berdiet.

Lalu jenis makanan diet ketat apa yang ampuh turunkan berat badan? Saat melakukan diet, anda lebih baik mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang memiliki kandungan susunan kimia yang lebih rumit dan kompleks bila dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana memiliki kandungan gula dasar yang mudah dicerna, sementara karbohidrat kompleks kandungannya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks biasanya mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah kentang, ubi, quinoa, whole grain, buah-buahan yang berserat, sayuran yang berserat, biji-bijan, kacang-kacangan, yoghurt rendah lemak, susu skim, dan pasta gandum. Makanan-makanan tersebut merupakan contoh makanan diet ketat yang ampuh turunkan berat badan anda.