Jenis-jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Saat diet, kamu harus sangat berhati-hati terhadap makanan yang akan dikonsumsi. Makanan dengan kandungan kalori dan gula yang rendah lebih aman dikonsumsi. Tetapi sekarang banyak makanan dan camilan yang kandungan gulanya tinggi sehingga orang yang sedang diet harus cermat mencari kandungan gizi didalamnya.

Tak dapat dipungkiri makanan yang mengandung gula memang terasa lebih enak. Tetapi makanan jenis ini harus dihindari agar program diet berhasil. Selain makanan manis, berikut ini makanan-makanan yang harus dihindari ketika sedang diet.

  1. Olahan kentang goreng

Makanan pertama yang harus kamu hindari saat diet adalah kentang goreng dan keripik kentang. Tak dapat dipungkiri, olahan-olahan kentang yang digoreng memang lezat, tetapi olahan ini mengandung minyak trans yang dapat menambah lemak. Belum lagi fakta bahwa kentang mengandung karbohidrat sehingga kalorinya tergolong tinggi.

Jika kamu tetap ingin mengonsumsi kentang, lebih baik ubah saja cara mengolahnya. Kamu bisa merebus atau mengukus kentang yang kamu konsumsi.

  1. Kue

Bahan pokok kue adalah tepung, gula, dan mentega. Campuran dari ketiga bahan ini menyebabkan kue memiliki kandungan kalori yang tinggi dan lemak jenuh. Di dalam kue juga tidak ditemukan adanya nutrisi yang baik untuk tubuh. Belum lagi mengonsumsi kue dapat membuatmu justru cepat lapar sehingga memicumu untuk makan lagi dan lagi.

  1. Es krim

Sama seperti makanan yang lain, es krim memang lezat, tetapi memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi. Karena kelezatannya, seseorang dapat dengan mudah menyantap es krim dalam jumlah yang banyak. Tetapi jika kamu tetap ingin makan es krim, kamu bisa membuat sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat.

  1. Roti putih

Banyak orang yang menjadikan roti putih dengan mentega sebagai menu sarapan karena dianggap lebih mudah dan praktis. Tetapi kalau kamu sedang diet, lebih disarankan untuk memilih oats sebagai menu sarapan. Pasalnya, roti putih berpotensi menambah  lemak, dan mentega juga mengandung lemak trans. Lebih baik konsumsi saja roti gandum utuh jika kamu ingin memakan roti.

  1. Makanan dengan gula tambahan

Biasanya produk makanan dalam kemasan mengandung gula. Sebelum mengonsumsi makanan, perhatikan label pada kemasan. Pastikan kandungan gula dalam makanan tersebut tidak berlebihan. Biasanya dalam produk makanan gula disebut dengan nama sukrosa, maltose, atau fruktosa. Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memicu obesitas dan penyakit jantung.

  1. Pizza

Makanan dari negeri Italia ini ternyata termasuk makanan yang harus dihindari ketika diet. Pasalnya, bahan-bahan untuk membuat makanan ini kalorinya tinggi. Belum lagi topping seperti sosis juga mengandung lemak. Tetapi jika kamu tetap ingin makan pizza, kamu bisa memilih opsi untuk membuat pizza sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

  1. Jus dan minuman kemasan

Jenis makanan terakhir yang harus dihindari ketika diet adalah jus dan minuman dalam kemasan. Pasalnya, jus dan minuman dalam kemasan biasanya kandungan gulanya tinggi. Sedangkan, untuk kamu yang sedang berdiet sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi.

Jika kamu ingin program dietmu berhasil, hindarilah mengonsumsi makanan-makanan di atas. Banyak makanan yang tinggi kalori dan gula yang memiliki cita rasa enak, tetapi kamu harus menghindarinya. Atau cobalah cari alternatif bahan makanan sehat untuk membuat jenis-jenis makanan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *