Makanan Diet untuk Mengatasi Masalah Obesitas di Usia Remaja

Pada usia remaja, berat badan adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri yang dimiliki. Beberapa remaja yang mengalami masalah obesitas pun terkadang sampai harus menemui tenaga medis untuk mendapatkan perlakuan lebih lanjut. Salah satu penyebab umum dari masalah obesitas adalah pola makan yang tidak teratur serta gaya hidup yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa solusi makanan diet untuk mengatasi obesitas di usia remaja.

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah-buahan adalah nutrien yang sangat bagus untuk tubuh. Manfaat yang didapatkan ketika memperbanyak konsumsi sayur dan buah adalah terjadinya penurunan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, karena kaya akan serat yang terkandung di dalamnya, beberapa sayur dan buah dapat memberikan penurunan berat badan. Kandungan glikemik yang rendah akan mencegah peningkatan gula darah yang membuat tubuh terus menerus merasa lapar. Tiga porsi buah dan lima porsi sayur adalah porsi harian yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah obesitas.

  • Konsumsi makanan rendah gula

Makanan yang mengandung gula menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan obesitas. Gula berlebih pada makanan yang dikonsumsi oleh tubuh akan diubah menjadi cadangan lemak dan menyebabkan peningkatan berat badan. Makanan yang mengandung banyak gula menyebabkan peningkatan pada resiko peradangan serta diabetes maupun obesitas. Konsumsi makanan diet yang rendah gula dapat membuat tubuh membakar kalori dengan baik dan juga meningkatkan resistansi insulin di dalam tubuh.

  • Rutin meminum air putih

Air putih adalah salah satu makanan diet karena dengan mengkonsuminya tubuh dapat meningkatkan kinerja otot dan juga memperlancar sistem pencernaan. Pembakaran kalori yang ada di dalam tubuh juga dipengaruhi oleh jumlah air yang dikonsumsi, khususnya pada masa tubuh beristirahat. Selain itu, meminum air sebelum makan juga dapat mengurangi nafsu makan yang berlebih dan dapat berakibat pada kenaikan berat badan tubuh. Para ahli menyarankan meminum air dengan jumlah 2 liter per hari sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *